Media Eksakta
Vol 16 No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU

Filda Mohammad Said (Universitas Tadulako)
Muhammad Ali (Universitas Tadulako)
I Komang Werdhiana (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Model  pembelajaran  inkuiri  terbimbing  merupakan  pembelajaran  yang  melibatkan  siswa  dalam  menentukan  suatu  konsep  atau  materi  pelajaran  yang  sedang  dipelajari.  Keterlibatan  siswa  dalam  proses  pembelajaran  tersebut  dapat  berupa  mengajukan  berbagai  pertanyaan,  menghimpun  informasi,  dan  melakukan  penyelidikan. Pembelajaran langsung (DI) merupakan suatu model pembelajaran yang terdiri dari penjelasan guru mengenai konsep atau keterampilan baru terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar IPA fisika pada siswa SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar IPA fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 60 dan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = 3,92 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,00. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing menggunakan media sederhana terhadap hasil belajar IPA fisika pada siswa SMP Negeri 3 Palu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jme

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics about mathematics and science in the field of ...