Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dapat menerapkan dan meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di TK.Aisyiyah II Pekanbaru. Bentuk teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dilakukan pada pelaksanaan tindakan berlangsung, guru mengamati kemampuan anak tentang konsep bentuk geometri, pengertian bentuk-bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri serta studi dokumentasi, teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan penerapan bermain acak geometri guna meningkatkan minat anak dalam belajar pada usia 5-6 tahun terhadap sentra matematika di TK. Aisyiyah II Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, pada siklus pertama diketahui bahwa tingkat minat belajar anak telah memcapai 39% dengan klasifikasi “belum berkembang” dan 52.8% “mulai berkembang”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 58.5% dengan klasifikasi “berkembang sesuai harapan” dan 82.8% “berkembang sangat baik”. Dari data ini menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan bermain acak geometri di sentra matematika untuk meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di Tk.Aisyiyah II Pekanbaru” dapat diterima oleh anak, artinya apabila diterapkan bermain acak geometri sentra matematika dalam proses pembelajaran anak secara benar akan dapat meningkatkan minat belajar anak.
Copyrights © 2020