JURNAL TALENTA
Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017

PENERAPAN BERMAIN ACAK GEOMETRI SENTRA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Elmiwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru dapat menerapkan dan meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di TK.Aisyiyah II Pekanbaru. Bentuk teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dilakukan pada pelaksanaan tindakan berlangsung, guru mengamati kemampuan anak tentang konsep bentuk geometri, pengertian bentuk-bentuk geometri dan mengelompokkan bentuk geometri serta studi dokumentasi, teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan penerapan bermain acak geometri guna meningkatkan minat anak dalam belajar pada usia 5-6 tahun terhadap sentra matematika di TK. Aisyiyah II Pekanbaru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui dua siklus, pada siklus pertama diketahui bahwa tingkat minat belajar anak telah memcapai 39% dengan klasifikasi “belum berkembang” dan 52.8% “mulai berkembang”, setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat dan telah mencapai 58.5% dengan klasifikasi “berkembang sesuai harapan” dan 82.8% “berkembang sangat baik”. Dari data ini menunjukan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan bermain acak geometri di sentra matematika untuk meningkatkan minat belajar anak usia 5-6 tahun di Tk.Aisyiyah II Pekanbaru” dapat diterima oleh anak, artinya apabila diterapkan bermain acak geometri sentra matematika dalam proses pembelajaran anak secara benar akan dapat meningkatkan minat belajar anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...