JURNAL TALENTA
Vol. 8 No. 1 (2017): JURNAL TALENTA VOL.VIII NO.1 JUNI 2017

PELAKSANAAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN DI PAUD NURHIDAYAH KABUPATEN KAMPAR

Khodijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengenalkan konsep bilangan dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode field trip dalam pembelajaran di PAUD Nurhidayah Kabupaten Kampar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data utama adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah : (1) mereduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa PAUD Nurhidayah dan objek penelitian adalah Pelaksanaan metode field trip dalam pemabelajaran guna meningkatkan konsep bilangan pada anak. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang anak. Dari hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan, dari 21 anak yang diobservasi 11,57% “Berkembang Sangat Baik” (BSB), 58,5% “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH) dan Mulai Berkembang (MB) 29,93%. Namun pihak lembaga masih belum mengerti pentingnya kegiatan ini dalam pembangan anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...