Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Program KKG dalam memotivasi guru di Gugus Sakura Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap 8 lembaga pendidikan yang terdiri dari 5 TK dan 3 PAUD. Penelitian dilakukan dengan mengunakan metodologi kualitatif deskriftif. Hasil penelitian adalah Kegiatan KKG di Gugus Sakura setiap programnya disususn berdasarkan kesepakata anggota pada Gugus tersebut, keaktifan anggota di Gugus Sakura pada umumnya baik, namun pengaktifan tersebut tidak lepas dari peran kepala sekolah yang mengajak guru untuk hadir di kegiatan KKG, program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kwalitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru harus aktif hadir dalam kegiatan KKG untuk menambah wawasan tentang anak usia dini dan penyususnan program KKG diutamakan membahas tentang aplikasi dalam mengajar anak usia dini. Program di KKG menambah wawasan guru tentang pendidikan anak usia dini, namun dari segi narasumber perlu ditingkatkan kualitasnya agar dapat memotivasi guru menjadi guru yang berwawasan, profesional dengan materi-materi yang lebih baik dan menyenangkan.
Copyrights © 2019