JURNAL TALENTA
Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.1 JUNI 2019

PENGEMBANGAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA MEDIA WAYANG KERTAS TK ISLAM AL-MUJAHIDIN PEKANBARU

Deatri Arfanda Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-mujahidin Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 4 orang anak dan guru sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil observasi mengenai penegmbangan disiplin anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media wayang kertas di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru dimana nilai yang dihasilkan sebesar 0,87 berada dalam kriteria penilaian sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengembangan terhadap penerapan metode bercerita dengan media wayang kertas dalam disiplin pada anak usia dini 5 sampai 6 tahun di TK Islam Al-Mujahidin Pekanbaru. Pengembangan disiplin kepada anak bertujuan untuk membentuk tingkah lakunya agar sesuai dengan keinginan masyarakat, dan menghindari tingkah laku yang tidak diinginkan. Saran Kepada guru diharapkan agar terus kreatif dan mengoptimalkan media yang lebih menarik, menyenangkan, dan bervariasi agar dapat membuat anak berminat dan antusias terhadap proses pembelajaran dan Kepada pihak sekolah, dapat menjadi motor penggerak dalam perbaikan terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...