JURNAL TALENTA
Vol. 11 No. 2 (2020): JURNAL TALENTA VOL XI NO.2 DECEMBER 2020

ANALISIS KEMAMPUAN MOTORIK HALUS SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN TK AISYIYAH BUSTANUL AFTHAL VII PEKANBARU

Debi Ayu Nathasia (Unknown)
Rahmah (STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU)
Herwina (STKIP ‘AISYIYAH RIAU PEKANBARU)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus sebagai persiapan menulis permulaan anak usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Afthal VII Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif atau penelitian deskriptif analisis yaitu deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang sedang diselidiki. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, melakukan penelitian langsung terhadap anak dan juga guru sebagai sampel guna mendapatkan gambaran tentang kemampuan motorik halus anak sebagai persiapan menulis permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data, atau mengklasifikasikannya, menganalisa dan menginterpretasikannya. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya dalam kemampuan anak dalam menulis awal tergolong sudah baik sesuai dengan tingkat perkembangan anak yang memang lebih banyak pada kegiatan bermain. Anak sudah dapat membuat goresan atau coretan sederhana yang dilakukan oleh anak. dalam upaya meningkatkan perkembangan motorik halus anak guru diharapkan dapat meningkatkan lagi kompetensi dalam mencari dan memilih kegiatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan motorik halus dan pemahaman anak yang ada di TK Aisyiyah VII Pekanbaru.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...