Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika anak di TK Tumbuh Kembang Pebaun Hulu Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi dengan pemanfaatan media balok. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimaksudkan melihat dan mengkaji secara mendalam tentang peningkatan kemampuan konsep matematika anak dengan pemanfaatan media balok di TK Tumbuh Kembang Pebaun Hulu Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Berjumlah 12 orang anak didik. Terdiri dari 4 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2016. Tempat penelitian ini dilaksanakan di TK Tumbuh Kembang Pebaun Hulu Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk kepentingan pengumpulan data, maka penelitian ini menggunakan lembaran observasi cheklis dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan dengan pemanfaatan media balok sebagai sumber pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan konsep matematika anak di TK Tumbuh Kembang Pebaun Hulu. Peningkatan ini terjadi karena setiap tahap pelaksanaan pertemuan dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga anak terbiasa dengan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media balok. Pada data awal diperoleh nilai 25% dengan kriteria kurang baik setelah dilakukan perbaikan pada siklus I diperoleh nilai 54,17% dengan kriteria cukup baik, dan pada siklus II diperoleh nilai 87,5% dengan kriteria sangat baik.
Copyrights © 2020