JURNAL TALENTA
Vol. 6 No. 2 (2015): JURNAL TALENTA VOL. VI NO. 2 DESEMBER 2015

HUBUNGA KINERJA GURU DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK SEKECAMATAN MANDAU

Romaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kinerja guru dengan perkebangan kemampuan kognitif anak 4-5 tahun usia Taman Kanak-Kanak Sekecamatan Mandau. Adapun tempat dilakukannya penelitian di beberapa sekolah TK di Kecamatan Mandau. Adapaun jenis penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif. Objek kajian dapat penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang di ambil acak dari beberapa TK di Kecamatan Mandau, total keseluruhan anak adalah 40 Orang dan Guru 40 Orang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berhubungan kinerja guru secara positif dengan Perkembangan kognitif anak sebesar 0.732 ( r = 0.312 ). Dengan demikian, terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Hipotesis Ho diatas oleh sebab itu ditolak dan hipotesis Ha diterima yaitu terdapat hubungan Kinerja Guru dengan Perkembangan Kognitif Anak di TK sekecamatan Mandau. Signifikan bisa ditentukan lewat baris Sig. (2-tailed). Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05, maka hubungan yang terdapat pada r dianggap signifikan. Hasil uji signifikansi (di atas) adalah : Nilai r hubungan Kinerja guru dengan Perkembangan kognitif Anak adalah 0.000. Artinya 0.000 < 0.05 dan dengan demikian korelasi antara kedua variabel signifikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...