JURNAL TALENTA
Vol. 10 No. 2 (2019): JURNAL TALENTA VOL.X NO.2 DESEMBER 2019

ANALISIS PROGRAM GUGUS GURU PAUD DI GUGUS MAWAR KECAMATAN RUMBAI PESISIR

Santi Kusuma Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan pengurus Gugus Mawar, efesiensi dalam pelaksaan kegiatan dan memotivasi setiap anggota. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Gugus Mawar Kecamatan Rumbai Pesisir dengan jumlah lembaga 8 PAUD dan jumlah Guru 27 orang, subjek penelitian yaitu Ketua, dan Sekretaris. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi langsung (participantobserver) ke Gugus Mawar untuk mengamati bagaimana meningkatkan program bergugus guru PAUD di Kecamatan Rumbai Pesisir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari kegiatan pelaksanaan program Gugus PAUD tiga bulan kegiatan terlaksana dengan baik. Pada pelaksanaan program di bulan Oktober yaitu“ Membuat brus bajud ari kain perca”. Guru yang hadir 60% dan menyelesaikan tugas 40 % yang tidak 20%. Pada pelaksanaan program di bulan November yaitu ”APE dari botol aqua bekas “. Guru yang hadir 85% dan yang menyelesaikan kegiatan 83 % , permisi 2 %. Pada pelaksanaan program di bulan Desember dengan yaitu“ Sosialisasi Penilaian ke Buku Narasi” dengan guru yang hadir 95%. Program Gugus Guru PAUD Mawar sudah terbentuk dan tersusun sesuai dengan program yang disusun secara bersama oleh pengurus,anggota,pengawas dan pemilik. Hanya saja pelaksanaan program di lapangan berjalan dan di ikuti seluruh anggota gugus.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...