JURNAL TALENTA
Vol. 12 No. 1 (2021): Vol. 12 No. 1 (2021) JOURNAL TALENTA VOL.XII NO.1 JUNE 2021

TARIAN TRADISIONAL “MANGACAU KALAMAI” BERHASIL MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK

Aulia Fitri (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)
Nopa Wilyanita (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)
Rahmah Rahmah (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah perkembangan kemampuan motorik kasar anak khususnya dalam keterampilan mengayun dan berjingkat di TK Pertiwi Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 3 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, bertujuan untuk memperoleh gambaran dilapangan tentang bagaimana perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui seni tari. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa tahap pertama, perkembangan awal motorik kasar anak Belum Berkembang karena anak masih belum bisa meniru gerakan tarian “Mangacau Kalamai”. Pada tahap kedua, perkembangan Motorik Kasar anak sudah mulai berkembang. Pada tahap ketiga, perkembangan Motorik Kasar anak sudah mulai berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan motorik kasar anak dapat berkembangan melalui Tarian Tradisional “mangacau kalamai”. Ternyata didapati bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat berkembang lebih optimal. Saran dari penulis adalah kegiatan menari “mangacau kalamai” dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik kasar anak terutama pada kemampuan melakukan gerakan dasar (mengayun dan berjingkat) sehingga menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan berkesan bagi anak

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

talenta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of Talenta journals includes the development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and creative development, parenting, parenting, management of early childhood education, early ...