Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu pada masa pandemi Covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui kajian teoretis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter mempunyai peran yang sangat besar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu yang dapat dirinci berdasarkan tiga kerangka Agama Hindu yaitu Tattwa, Susila dan Upacara. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam ketiga kerangka Agama Hindu tersebut adalah jujur, perhatian, berani, percaya diri, disiplin, kerja keras, rasa ingn tahu, analitis, komitmen, peka, kontrol diri, teliti, beretos kerja tinggi, dinamis, produktif, ulet, gotong-royong, toleransi, demokratis, tanggung jawab, bereksplorasi, antusias, aktif, kreatif, kritis, inisiatif, problem solving,produktif, cekatan, berani mengambil risiko, visioner, perhatian, bersungguh-sungguh, berorientasi pada prestasi, rapi, tegas, luwes, hati-hati, bangga pada diri sendiri/kelompok. Masa darurat pandemi Covid 19 ini memberikan tantangan dan peluang tersendiri bagi dunia pendidikan. Perubahan perilaku pada generasi milenial sekaligus perubahan-perubahan lain yang terjadi secara cepat, masif, dan berdampak besar juga turut memengaruhi perkembangan pendidikan pada masa kini dan masa depan. Guru sebagai aktor utama dalam dunia pendidikan mau tidak mau harus segera berbenah dan selalu berupaya meningkatkan kompetensinya dalam mengatasi situasidan kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid 19 ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021