Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan

Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran Di Institut

Ike Kurniati (Universitas Islam Nusantara)
Amit Saepul Malik (Universitas Islam Nusantara)
Arum Maslachah (Universitas Islam Nusantara)
Hendi Suhendraya Muchtar (Universitas Islam Nusantara)
Rita Sulastini (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah: 1) memahami psikologi orang dewasa sebagai peserta didik; 2) memahami pengertian dan konsep pendidikan orang dewasa (andragogi); 3) mengetahui mahasiswa sebagai orang dewasa; 4) memahami penerapan pendidikan orang dewasa; dan 5) mengetahui hambatan penerapan pendidikan orang dewasa. Dengan menggunakan teori andragogi dalam kegiatan pembelajaran atau kegiatan belajar orang dewasa dalam rangka pengembangan atau realisasi pencapaian cita-cita pendidikan sepanjang hayat dapat diperoleh dengan dukungan penerapan strategi belajar yang sesuai. Andragogi membantu peserta didik untuk tumbuh dan dewasa. Dalam andragogi, keterlibatan orang dewasa dalam proses pembelajaran jauh lebih besar, karena sejak awal harus diadakan diagnosa kebutuhan, merumuskan tujuan, dan mengevaluasi hasil belajar serta melaksanakannya secara bersama-sama. Dengan karakteristik pembelajaran orang dewasa, salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan adalah strategi pembelajaran partisipatif. Hambatan dalam penerapan teori andragogi ini diantaranya kurangnya sumber daya dan waktu atau peluang serta kurang siapnya psikologi atau mental pembelajar dewasa tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilpen

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) adalah jurnal peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Yayasan Azka Hafidz Maulana. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) merupakan wadah bagi para peneliti, cendekiawan, profesional, praktisi dan mahasiswa untuk berbagi dan berbagi ...