Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 7, No 2 (2021)

Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Rundeng

Hanisah, Siti (Unknown)
Zahriah, Zahriah (Unknown)
Kurniawan, Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Penelitian tentang hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Pembelajaran Fisika di SMA diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk pemecahan masalah. Pelibatan kesadaran metakognitif dalam pemecahan masalah juga menjadi hal pokok dalam menentukan keberhasilan pembelajaran Fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng, penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat keeratan hubungan antara dua variabel atau lebih. Hasil uji korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,275. Hasil ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...