Jurnal Administrasi Publik (JAP)
Vol 13, No 1 (2022): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK

Inovasi Pelayanan Berbasis Online Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai

Indra Suhaeman (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Haerana Haerana (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Riskasari Riskasari (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan inovasi pelayanan berbasis online di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teori Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi layanan berbasis online belum efektif. Hal ini dikarenakan bahwa sejumlah masyarakat belum cakap digital sehingga memiliki kompetensi dalam penggunaan website layanan dengan baik serta terkendala jaringan internet yang belum memadai didaerah tertentu, tetapi terlepas dari itu semua, hadirnya layanan online bagi sebagian masyarakat yang cakap digital mengganggap bahwa inovasi ini sangat memudahkan dan memperlancar proses pengurusan layanan publik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Industri kecil memiliki peranan strategis dalam perdagangan nasional hal ini karena proporsi usaha skala kecil mempunyai daya serap tenaga kerja yang sangat besar. Kota Tasikmalaya memiliki banyak sumber daya yang dapat dikembangkan, baik industri bordir, makanan atau kerajinan. Industri Kecil ...