Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Evaluation of Learning at Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal II, Berau Regency

Nurul Hidayah (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang)
Romelah Romelah (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran yang terjadi di Taman Kanak-Kanak  (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal II Kabupaten Berau. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi, sedangkan informanya satu orang guru kelas B dan tujuh peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah guru-guru di  TK Aisyiyah Bustanul Athfal II telah mampu melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum 13 dengan baik. Dalam proses evaluasi dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu merumuskan tujuan evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi, evaluasi, menentukan teknik pelaksanaan evaluasi, evaluasi dilakukan pada saat kegiatan berlangsung secara alami dan merupakan kebiasaan sehari-hari, mengumpulkan hasil kerja anak dalam buku kegiatan, pelaporan dan tindak lanjut. Hasil yang didapatkan dari evaluasi pembelajaran ini adalah guru dan orang tua dapat lebih mudah mengetahui proses perkembangan anak apakah telah sesuai dengan usianya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...