Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
Vol 9, No 1 (2022): Juni

City Branding : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan Ke Kota Batu Melalui City Image Sebagai Variabel Moderating

Stella Alvianna (Politeknik Negeri Malang)
Syarif Hidayatullah (Universitas Merdeka Malang)
Singgih Adi Pratama (Universitas Merdeka Malang)
Eko Aristanto (Universitas Merdeka Malang)
Abdul Waris (Politeknik Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Di Indonesia banyak daerah yang sudah mempunyai penanaman merek daerahnya sendiri, yaitu city branding dan city image. Jika suatu daerah meningkatkan dua faktor tersebut, maka dapat berpengaruh terhadap keputusan berkunjung di suatu tempat wisata. Penelitian ini, city branding dan city image digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke kota Batu. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Wisatawan yang sudah berkunjung dan berwisata ke kota Batu adalah populasi dari penelitian ini. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling dan rumus slovinĀ  , sebanyak 100 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa city brandingĀ  memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap city image. Begitu sama halnya city branding memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, kemudian city image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung dan city branding terhadap keputusan berkunjung melalui city image tidak berpengaruh dan tidak signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsmb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (JSMB) ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print) administered by the Master of Management Faculty of Economics and Business, University of Trunojoyo Madura. This journal is here to accommodate innovative thinking of academics, researchers and ...