JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA
Vol 7, No 1 (2022): Physical Activity and Exercise for Health and Well-being

Integrating Games And Physical Activities To Stimulate Cognitive Abilities Of Elementary School Students

Uray Gustian (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tanjungpura)
Touvan Juni Samodra (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Tanjungpura)
Rio Pranata (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur efektifitas dari implementasi pembelajaran integrative berbasis aktivitas jasmani dalam bentuk permainan untuk mestimulus kemampuan kognitif siswa sekolah dasar. Eskperimen dilakukan menggunakan One-Group Posttest Design dengan melakukan permainan yang digunakan adalah permainan modifikasi dari permainan bermain huruf, tebak gambar, tebak nama, kangguru berhitung, ular tangga dan pertualangan angka. Treatment dilakukan empat kali untuk setiap permainan dengan durasi waktu 60 menit dan melibatkan 154 siswa sekolah dasar 86 laki-laki dan 66 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kinerja. Pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukan telah terjadi peningkatan mean antara pertemuan pertama dan terakhir serta hasil t hitung lebih besar dibandingkan t table dan peningkatan yang terjadi signifikan. Kesimpulannya pembelajaran integrative berbasis aktivitas jasmani yang dipadukan dalam bentuk permainan efektif untuk menstimulasi kognitif siswa sekolah dasar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

penjas

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) adalah jurnal olahraga yang berlandasakan pendidikan. Memberikan informasi dalam berbagai lingkup isu-isu pendidikan jasmani, rekreasi dan olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO) diharapkan mampu meningkatkan kualitas maupun kuantitas ...