Penelitian bertujuan untuk mengukur efektifitas dari implementasi pembelajaran integrative berbasis aktivitas jasmani dalam bentuk permainan untuk mestimulus kemampuan kognitif siswa sekolah dasar. Eskperimen dilakukan menggunakan One-Group Posttest Design dengan melakukan permainan yang digunakan adalah permainan modifikasi dari permainan bermain huruf, tebak gambar, tebak nama, kangguru berhitung, ular tangga dan pertualangan angka. Treatment dilakukan empat kali untuk setiap permainan dengan durasi waktu 60 menit dan melibatkan 154 siswa sekolah dasar 86 laki-laki dan 66 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kinerja. Pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian dan dianalisis dengan uji beda. Hasil penelitian menunjukan telah terjadi peningkatan mean antara pertemuan pertama dan terakhir serta hasil t hitung lebih besar dibandingkan t table dan peningkatan yang terjadi signifikan. Kesimpulannya pembelajaran integrative berbasis aktivitas jasmani yang dipadukan dalam bentuk permainan efektif untuk menstimulasi kognitif siswa sekolah dasar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022