PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Analisis Self Regulated Learning dengan Tipe Kepribadian Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring

Vita Nova Anwar (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Veni Saputri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sari Herlina (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mahmudin Mahmudin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Kebijakan pemerintah Indonesia mengharuskan untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (daring) selama pandemic covid 19 . Model pembelajaran daring ini mempengaruhi self regulated learning mahasiswa terutama dalam pembelajaran matematika. Regulasi belajar mandiri juga dipengaruhi oleh tipe kepribadian dari masing-masing mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan tipe kepribadian dalam pembelajaran matematika secara dari. Penelitian ini menghasilkan model yang baik dan kuat dengan R square 0.644. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi belajar mandiri berpengaruh positif terhadap tipe kepribadian mahasiswa. Dari dua tipe kepribadian mahasiswa ternyata, tipe kepribadian introvert memiliki self regulated learning yang tinggi dibandingkan dengan mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrovert.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...