PRISMA
Vol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022

Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra

Hermawan, Resa Meilani (Unknown)
Yuspriyati, Devi Nurul (Unknown)
Purwasih, Ratni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang sisi datar dengan berbantuan aplikasi geogebra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini merupakan siswa SMP kelas VIII sebanyak 11 orang siswa, yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa instrumen angket skala minat belajar siswa yang memuat 5 indikator pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan aplikasi geogebra yang terdiri dari 14 pernyataan dengan masing – masing 7 pernyaatan positif dan 7 pernyataan negatif. Teknik pengolahan data yang diperoleh menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan aplikasi geogebra mendapatkan respon positif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika salah satunya pada materi bangun ruang sisi datar. Hal tersebut terbukti pada persentase rata – rata keseluruhan mencapai 76,89% dengan klasifikasi baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...