Anak usia dini merupakan fase yang unik dan disebut juga dengan fase Pra tamyiz. Utuk itu, maka pendidikan anak usia dini merupakan upaya membantu anak mengoptimalkan potensi dirinya untuk menghantarkannya masuk ke fase tamyiz, fase dimana anak dapat membedakan baik dan buruk aturan Tuha. Orang tua merupakan pendidik dan pengasuh pertama dan utama dalam proses perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah orang tua yang diselenggarakan oleh RA Bait Qur’any. Program yang bertujuan meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua dengan meningkatkan kualitas pemahaman nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif guna memperoleh informasi berkaitan denganpenelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah orang tua di RA Bait Qur’any merupakan bentuk kerja sama antara sekolah dan orang tua dengan type parenting, communicating dan Keterlibatan (Parent Involepment). Pada sekolah orang tua ada 2 bentuk program yait program kajian mingguan dan madrasah walidain. Sekolah orang tua di RA Bait Qur’any memberikan informasi tentang psikologi perkembangan anak dalam Islam, stimulant perkembangan anak berbasis al-Qur’an dan sunnah, pemahaman tentang metoda menghafal anak usia dini, dan metoda belajar, menghafal al-Qur’an dan mentarjamahkan Al-Qur’an. Selain itu juga sekolah orang tua tidak hanya menyelenggarakan parenting Al-Qur’an akan tetapi komunikasi dan diskusi timbal balik tentang perkembangan anak antara orang tua dan guru, melibat orang tua dalam kegiatan baik sebagai penyelenggara acara, mengadaan konsumsi, pembawa acara, dan pengisi acara berupa penampilan orang tua dan anak serta bazar sekolah.
Copyrights © 2022