NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 5 (2022): NUSANTARA :Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DI SMA NEGERI 1 PORTIBI

Putoro Dongoran (Prodi PKn Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2022

Abstract

Kemampuan berfikir kreatif peserta didik tergolong rendah dilihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik. Disamping itu peserta didik juga terlihat masih kurang menguasai materi pelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kreatif di SMA Negeri 1 Portibi. Jenis penelitian adalah deskripsi kualitatif dimana anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan berpikir dan bertindak dalam melaksanakan penelitian. Hasil dari observasi yang diperoleh indikator antusiasme peserta didik Dalam Mengikuti Kegiatan Pembelajaran diperoleh hasil sebesar 98 (78,4%) dikategorikan baik. Indikator interaksi peserta didik dengan Guru diperoleh hasil sebesar 91 (72,8%) dikategorikan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...