JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Fairness dalam Pengujian Kemahiran Reseptif Tes Evaluasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Tingkat I: Tinjauan berbasis Etik

Daud Yusuf (Universitas Indonesia)
Sisilia Setiawati Halimi (Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Tes Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Penutur Asing Tingkat I (TEB BIPA I) merupakan ujian untuk menilai prestasi belajar peserta didik dalam mempelajari bahasa Indonesia sebagai bahasa asing. Sebagai prototipe, TEB BIPA I membutuhkan evaluasi yang komprehensif. Tinjauan ini berusaha untuk menguji kegunaan dan kewajaran TEB BIPA I secara keseluruhan menggunakan model terbaru Kunnan (2018) untuk menilai kewajaran tes di bawah pendekatan berbasis etika. Tinjauan tersebut menggunakan tes keterampilan reseptif sebagai unit analisis. Data yang dikumpulkan meliputi studi dokumen naskah tes, spesifikasi tes, referensi kurikulum, hasil tes percontohan, halaman web BIPA Online dan petunjuk teknis pengembangan tes. Data dianalisis dengan menggunakan kerangka keadilan pendekatan berbasis etika Kunnan yang menganalisis klaim (1) kesempatan belajar, (2) kebermaknaan tes, (3) tidak adanya bias, dan (4) aksesibilitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...