JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Moro

Nur Kkholijah (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Auzar Auzar (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)
Elmustian Elmustian (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami unsur intrinsik pada cerita pendek siswa kelas XI SMAN 1 Moro. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. Sesuai dengan kebutuhan penulis untuk mengetahui kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Moro. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, sebab data hasil dari penelitian yang penulis dapatkan adalah data berupa angka-angka atau dapat diberi skor. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah berupa tes soal objektif. Soal tes dibuat sesuai dengan standar pengukuran variable berupa pertanyan-pertanyaan pilihan ganda yang khusus mengukur kemampuan memahami unsur instrinsik cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Moro. Hasil penelitian kemampuan memahami unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMAN 1 Moro tergolong sedang rata-rata 62,36 dengan kategori mampu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...