JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Perspektif K.H Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari

Habib Mustofa (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Fika Wahyu Nurita (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Fatihah Al Mutamaddinah (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)
Yazida Ichsan (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pemikiran pendidikan aqidah akhlak dalam perspektif KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’Ari. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah dengan kepustakaan (library research) yang bersifat deskriptif analisis, pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka, tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis deskripsi. Hasil dalam penelitian ini adalah Konsep pendidikan akhlak K.H. Ahmad Dahlan adalah usaha sadar untuk membentuk perilaku baik seseorang dengan memaksimalkan kerja akal untuk membedakan baik dan buruk sedangkan K.H. Hasyim Asy’ari adalah usaha sadar untuk membentuk perilaku baik seseorang dengan menekankan pembentukan akhlak seseorang dengan memaksimalkan kerja hati sehingga dapat memilah mana yang baik dan buruk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...