Permasalahan kurikulum 2013 bukan hanya berada pada perangkat penunjang atau kesiapan tenaga pendidik, melainkan pada konsep pembelajaran yang kurang mampu memenuhi harapan dari kurikulum 2013 yang menekankan pada penanaman nilai sikap, tanpa mengabaikan aspek pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia serta nilai-nilai budaya lokal pendukung dalam pembelajaran kurikulum 2013 tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa tema Peristiwa dalam Kehidupan kelas V, guru kelas V, orang tua siswa, guru SBdP, dan budayawan. Data dikumpulkan menggunakan pendoman pencatatan dokumen dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap spiritual yang muncul adalah berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah; nilai-nilai sikap sosial yang termuat yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri; muatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang muncul yaitu teks pantun dan syair, teks penjelasan dan tabel; dan nilai-nilai budaya lokal yang muncul dalam aktivitas anak kelas tinggi yang mendukung pengembangan nilai-nilai sikap dan muatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada tema Peristiwa dalam Kehidupan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan nilai-nilai sikap spiritual dan sosial menjadi lebih baik.
Copyrights © 2022