JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022): JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)

Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving

Arina Ulil Faroh (Universitas Negeri Semarang)
Mohammad Asikin (Universitas Negeri Semarang)
Sugiman Sugiman (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2022

Abstract

Penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat terjadi pada pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan adalah literature review, dengan 15 artikel yang di-review. Berdasarkan kajian literatur diperoleh hasil, yaitu: 1) model pembelajaran CPS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, kemampuan pemecahan masalah, dan penalaran adaptif; 2) model pembelajaran CPS menggunakan empat tahapan, yaitu: klasifikasi masalah, mengemukakan pendapat, evaluasi dan pemilihan, serta implementasi. Selama proses pembelajaran dengan model CPS perlu diciptakan lingkungan yang kondusif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), ISSN 2477-2348 for Print version and ISSN 2477-2348 for Electronics version, is the official publication of Universitas Indraprasta PGRI. The scope of the journal includes all issues in the field of Mathematics ...