Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 8, No 1 (2022): Januari - Juni

Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Video serta Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar

Sumarni Sumarni (Universitas Terbuka)
Tian Belawati (Universitas Terbuka)
Amalia Sapriati (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

ujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan pembelajaran dengan menggunakan video (2) mengetahui sikap ilmiah dengan hasil belajar di sekolah SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan video lebih tinggi dibanding dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Adanya hubungan sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPA secara signifikan. Tidak terdapat hubungan antara media pembelajaran dan sikap ilmiah siswa terhadap hasil belajar IPA. Implikasi dari penelitian ini adalah guru harus ditekankan harus meningkatkan kreativitas dan inovatif dalam penggunaan media pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dan menarik ketika dalam proses belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...