JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 7, No 2 (2022)

Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient

Geo Wahyuni (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)
Abdul Mujib (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)
Cut Latifah Zahari (Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Peneletian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kemampuan siswa dalam Berpikir Visual ditinjau dari Adversity Quotient, sehingga diperlukan penelitian lanjutan untuk melihat proses berpikir visual siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif  Deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas X yang terdiri dari Quitter, Camper, dan Climber. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada level Quitter belum menunjukkan semua tahapan berpikir visual. Untuk level Camper dan Climber  sudah mulai menunjukkan tahapan berpikir visual, akan tetapi pada kedua level masih mengalami keterhambatan dalam tahapan Imaging dan Showing & Telling. Dari hasil penelitian ini diperlukannya peningkatan dalam kemampuan berpikir visual dan Adversity Quotient dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Geogebra.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...