Keperawatan merupakan bidang ilmu yang mandiri. Sebagai profesi keilmuan yang mandiri kebutuhan adanya kurikulum menjadi kewajiban utama. Adanya kurikulum yang komprehensif yang sesuai dengan kebutuhan sistem kesehatan  merupakan dasar utama dalam melatih sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh sistem kesehatan. Kurikulum pendidikan keperawatan di desain untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam melakukan praktik keperawatan profesinal  baik dari tingkat individu, keluarga dan masyarakat dalam berbagai  situasi. Dalam upaya menemukan kurikulum yang komprehensif dan tepat sasaran berbagai upaya telah dilakukan salah satunya dengan melakukan comparative (perbandingan) kurikulum. Kegiatan ini dilakukan untuk membandingkan  kurikulum diberbagai negara dengan harapan dapat mengembangkan kurikulum baru.  Perbandingan kurikulum memiliki tujuan untuk melihat adanya perbedaan dan kesamaan dalam sistem pendidikan. Hal ini juga membantu mengetahui bahwa kurikulum ini berhasil  atau gagal dalam menghasilakn perawat yang berkompeten, sehingga dapat dijadikan sebagai landasan untuk pengembangan kurikulum kedepannya. Hal ini juga membantu mengetahui bahwa kurikulum ini berhasil  atau gagal dalam menghasilakn perawat yang berkompeten, sehingga dapat dijadikan sebagai landasan untuk pengembangan kurikulum kedepannya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022