EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Studi Literatur: Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Fahrurrozi Fahrurrozi (Universitas Negeri Jakarta,Indonesia)
Yofita Sari (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Prasetyo Wiguna (Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Pada daerah terpencil yang ada di Negara Indonesia masih saja ditemukan kesenjangan pendidikan yang seharusnya didapatkan oleh anak-anak Indonesia. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan kesenjangan tersebut. Penulisan artikel bertujuan menganalisis dengan kritis dan mendalam terkait pengarus status sosial ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jenis artikel yang dituliskan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi literatur yang analisis dan juga telaah terkait buku, artikel, jurnal, atau sumber relevan lainnya yang berkesinambungan dengan judul. Kesimpulannya adalah bahwa kondis sosial ekonomi orang tua yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik juga akan sebaik pula. Hal tersebut dikarenakan, berkecukupannya sarana dan prasarana yang dimiliki dalam sebuah keluarga tersebut, sehingga dapat menunjang bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik. Akan tetapi, pada penelitian ini tidak menutup kemungkinan bagi seseorang atau bagi anak-anak untuk tidak melakukan usaha untuk mendapatkan prestasi dan hasil belajar yang baik bagi seorang anak yang berasal dari keluarga yang memiliki status sosial ekonomi yang berkecukupan. Banyak diantara anak-anak yang berasal dari daerah-daerah terpencil untuk tetap mengikuti proses belajar mengajar dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan mereka sudah menyadari terkait pentingnya pendidikan yang dilakukannya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...