EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Efektivitas Video Pembelajaran Praktikum pada Mata Kuliah Fabrikasi di Jurusan Teknik Mesin

Bulkia Rahim (Universitas Negeri Padang)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang)
Ridwan Ridwan (Universitas Negeri Padang)
Rijal Abdullah (Universitas Negeri Padang)
Syaflan Sandi Harta Putra (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Mahasiswa yang masuk ke jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dari siswa yang berasal dari SMA dan SMK. Bagi mahasiswa yang berasal dari SMA menjadi kendala dalam mengikuti praktikum pada matakuliah Fabrikasi. Faktor wabah Covid 19 yang mengakibatkan pembelajaran Praktikum tidak bisa dilakukan luring sepenuhnya. Untuk mengatasi permasalahan ini maka perlu dilakukan pengembangan Video Pembelajaran Fabrikasi untuk meningkatkan pemahaman dan hasil praktikum. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat Evektivitas Video Pembelajaran Praktikum pada Mata Kuliah Fabrikasi di Jurusan Teknik Mesin. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Model pengembangan modul pembelajaran ini menggunakan model IDI (Instruksional Development Institute). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 mahasiswa. Hasil penelitian ini adalah Rata-rata hasil preetest yaitu 38,29 dan rata-rata hasil postest adalah 92,31. Dengan hasil tersebut video pembelajaran praktik pada Mata Kuliah Fabrikasi di Jurusan Teknik Mesin dapat di sumpulkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...