EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022)

Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Geometri yang Berkaitan dengan Etnomatematika di Taman Nasional Alas Purwo

Brigita Wanda Pangestika (Universitas Jember, Indonesia)
Susanto Susanto (Universitas Jember, Indonesia)
Lela Nur Safrida (Universitas Jember, Indonesia)
Dinawati Trapsilasiwi (Universitas Jember, Indonesia)
Lioni Anka Monalisa (Universitas Jember, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tanpa disadari matematika mempunyai peran yang cukup penting dalam kebudayaan misalnya dalam mempengaruhi konstruksi budaya manusia. Oleh karena itu perlu adanya keterkaitan budaya dalam pembelajaran matematika di sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan geometri siswa dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri yang berkaitan dengan etnomatematika di Pura Luhur Giri Salaka yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Keterampilan geometri yang harus dipenuhi siswa adalah keterampilan visual, verbal, menggambar, logika dan terapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwoharjo. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kecenderungan subjek penelitian hanya memenuhi tiga keterampilan geometri yakni keterampilan visual, logika dan terapan. Kecenderungan siswa mampu memenuhi indikator keterampilan visual. Keterampilan verbal hanya dipenuhi siswa pada saat wawancara berlangsung. Keterampilan menggambar hanya dipenuhi siswa pada soal nomor 2. Siswa dengan keterampilan logika akan mudah untuk menerapkan konsep geometri terhadap suatu objek nyata dan mampu memenuhi indikator keterampilan terapan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...