EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Konsep Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Perspektif Islam

Mohamad Yamin (Pondok Pesantren Daarun Nizham Tasikmalaya)
Nurwadjah Ahmad (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Andewi Suhartini (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Dari pandangan teologis, manusia harus mampu mengapresiasi lingkungan. Etika agama terhadap alam membawa manusia untuk bertanggung jawab sehingga mereka dapat menghindari kerusakan. Dengan kata lain, membuang sampah di lingkungan berarti menghancurkan manusia itu sendiri. Pendidikan agama Islam adalah proses pemberian ilmu dan nilai-nilai keislaman kepada peserta didik melalui pendidikan, tempat tinggal, bimbingan, didikan, pengawasan dan bimbingan untuk mencapai keselarasan dan kesempurnaan antara dunia ini dan kehidupan yang akan datang. SMPN 7 Program Sekolah Adiwiyata diĀ  Cirebon terdiri dari empat aspek: kebijakan hijau, implementasi kurikulum hijau, kegiatan partisipatif dan pemanfaatan fasilitas hijau. SMPN 7 Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan program Adiwiyata di kota Cirebon: semua sektor komunitas sekolah, kerjasama yang baik dengan peralatan dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan dukungan dari aktor eksternal termasuk Badan Lingkungan Hidup (DLH). Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Adwiyata adalah anggaran dan kepekaan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...