Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7 No 2 (2022): Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Campur Kode YouTuber Jang Hansol dalam Enam Vlog pada Kanal YouTube Korea Reomit (The Code Mixing of YouTuber Jang Hansol in Six Vlogs on Korean Reomit’s YouTube Channel)

Desi Juwita Nuraini (Universitas Palangka Raya)
Albertus Purwaka (Universitas Palangka Raya)
Indra Perdana (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan jenis-jenis campur kode yang terjadi pada YouTuber Jang Hansol dalam Vlog pada kanal YouTube Korea Reomit. (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode yang terjadi pada YouTuber Jang Hansol dalam Vlog pada kanal YouTube Korea Reomit. (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya campur kode YouTuber Jang Hansol dalam Vlog pada kanal YouTube Korea Reomit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode simak bebas libat cakap. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode agih dengan teknik dasar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam enam tayangan video berupa vlog Jang Hansol, mengandung jenis-jenis campur kode, yakni campur kode ke dalam (inner code mixing) campur kode ke luar (outer code mixing) dan campur kode campuran (hybrid code mixing). Bentuk-bentuk campur kode yang ditemukan, yakni campur kode dalam tataran kata, tataran frasa, dan tataran klausa. Faktor penyebab campur kode yang ditemukan yaitu faktor membicarakan topik tertentu, mengutip pembicaraan orang lain, mengekspresikan sesuatu, pengisi dan penyambung kalimat, pengulangan untuk mengklarifikasi, memperhalus dan mempertegas permintaan atau perintah, menunjukkan identitas kelompok tertentu, dan keefesienan suatu pembicaraan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tunas

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is a Scientific Journal managed by Department of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Palangkaraya and published twice a year (in March and September) by Institute for Researches and Community ...