Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gamification berbasis framework Marczewski sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran gamification berbasis Marczewski framework yang layak digunakan pada pembelajaran matematika materi kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunkan metode R&D dengan model desain EDR (Educational Design Research) karya Mc Kenney & Reeves. Subjek penelitian terdiri dari tim validator perangkat pembelajaran yakni satu orang dosen dan guru SD sebagai validator RPP, dua orang dosen sebagai tim validator LKPD, serta satu orang dosen sebagai validator media pembelajaran.Sedangkan objek penelitian yakni perangkat pembelajaran RPP, LKPD, dan media pembelajaran (lembar mission achievement dan badge/trofi ). Instrumen pengumpulan data berupa validasi perangkat pembelajaran dan angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran pendekatan gamifikasi berbasis kerangka kerja marczewskypada pembelajaran matematika materi kelas IV sekolah dasar yang dapat digunakan berdasarkan hasil validasi dan respons siswa telah mencapai rata-rata maksimal yaitu dengan Kriteria Baik hingga baik sekali pengembangan pendekatan gamifikasi berbasis kerangka kerja marczewsky sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga bentuk produk akhir rancangan yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran antara lain, RPP, LKPD, media pembelajaran (lembar mission achievement dan badge/trofi ) di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022