COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 4 (2022)

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAL (STUDENT ACTIVE LEARNING)

Neni Mulyani (Ikip Siliwangi)
Duhita Savira Wardani (Ikip Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pemahaman konsep pada siswa kelas IV melalui pendekatan metode Student Active Learning (SAL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 112 Pamoyanan Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi matematika, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran setelah menggunakan model SAL. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,33 yang tergolong dalam kategori baik, nilai tertinggi siswa sebesar 100 dan nilai terendah sebesar 60. Ketuntasan belajar siswa menunjukan 90,0% siswa mendapatkan nilai diatas kriteria ketuntasan minimum dan 10,0% masih mendapat nilai dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...