Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 5 No. 1 (2022): Volume 5 Nomor 1 Juni Tahun 2022

PERSEPSI MINAT BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN ICE BREAKING

Usman Usman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Iing Dwi Lestari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Brebeuf Pander Calvin Sinurat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Febi Indah Pratiwi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ika Oktavia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Intan Az Zahra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Munawaroh (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Teti Herawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Kejenuhan mahasiswa kerap terjadi dan menjadi hal yang biasa dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Hal ini dianggap wajar bagi mahasiswa dalam pembelajaran. Salah satu solusinya adalah dengan dosen mempelajari bagaimana mengubah rasa jenuh tersebut dengan kegiatan Ice Breaking. Penggunaan Ice Breaking untuk mengetahui implementasi, manfaat untuk menumbuhkan rasa minat belajar mahasiswa yang akan menjadi tujuan penelitian. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatifdimana data yang akan dikumpulkan melalui analisis, dengan hasil yang menunjukan bahwa : (1) Dengan adanya Ice Breaking dapat menarik dan menumbuhkan rasa minat belajar mahasiswa, meningkatkan motivasi belajar, memudahkan menyerap hasil belajar, serta komunikasi sesame teman dapat terjaga. (2) Ice breaking ini dapat diterapkan pada semua mata kuliah. (3)penerapan Ice Breaking ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh, kebosanan, serta rasa ngantuk selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...