Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 9 No 1 (2022): Januari-Juni 2022

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa dengan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS)

Badriyah, Badriyah (Unknown)
Akrom, Akrom (Unknown)
Farhurohman, Oman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan metode SAS untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II MI. Penelitian ini menggunakan metode PTK yang dilaksanakan dalam II siklus, masing – masing siklus mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam penerapan metode SAS dari II siklus. Siklus I yaitu 44% sedangkan siklus II yaitu 83% ketuntasannya. Jadi, dari siklus I dan siklus II meningkat 39% ketuntasannya. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode SAS kemampuan membaca permulaan pada kelas II MI Tarbiyatun Mubtadiin Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang dinyatakan berhasil. Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...