JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Permasalahan Guru dalam Menerapkan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Tanjung Jabung Barat

Asmita Asmita (Universitas Jambi)
Dela Yulianti (MAN 1 Tanjung Jabung Barat)
Dwi Agus Kurniawan (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)
Nurul Isnaini (Universitas Jambi)
Kiki Nurjanah (Universitas Jambi)
Indah Dewi Permata Sari (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru fisika dalam menerapkan media pembelajaran, untuk mengkaji faktor yang mendasari permasalahan, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru fisika dalam mengatasi permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian adalah guru fisika di MAN 1 Tanjung Jabung Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Teknik analisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu terdapat dua permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan media pada mata pelajaran fisika di MAN 1 Tanjung Jabung Barat yakni: pertama, permasalahan dalam merencanakan dan mengembangkan media pembelajaran. Kedua, permasalahan dalam partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Terdapat dua faktor yang mendasari permasalahan yakni: pertama, keterbatasan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Kedua, keterbatasan siswa dalam memahami pelajaran. Dan terdapat dua upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni: pertama, memanfaatkan media pembelajaran yang sudah tersedia. Kedua, mengikuti pelatihan atau seminar yang diadakan perguruan tinggi atau pemerintah setempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...