Hasil Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dalam pembelajaran IPA pada Mahasiswa Program Studi PGMI. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui sebaran angket. Hasil penelitian didapatkan bahwa: 1) Pengetahuan tentang aplikasi GEMPA sejumlah 92%; 2) tekhnik penggunaan aplikasi GEMPA dalam kegiatan perkuliahan mengalami kemudahan dengan jumlah 85%; 3) kesulitan yang dihadapi dalam proses penggunaan aplikasi GEMPA sejumlah 80%; 4) teknik integrasi aplikasi GEMPA sangat mudah untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 90%; 5) Presentase kebermanfaatan dalam penggunaan aplikasi GEMPA dalam proses pembelajaran IPA di Program studi PGMI yakni sejumlah 95% dengan tingkat manfaat yakni 76 – 100 %. Dengan demikian, pemanfaatan aplikasi Game Edukasi IPA (Gempa) dapat digunakan dalam mengembangkan materi dari bahan ajar bagi Dosen, Guru, dan Mahasiswa dalam kegiatan proses pembelajaran.
Copyrights © 2022