JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Siswa Tinggal dipondok atau Pulang Kerumah Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA

Jamalludin Jamalludin (Universitas Jember)
Sudarti Sudarti (Universitas Jember)
Rif’ati Dina Handayani (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2022

Abstract

Salah satu lembaga pendidikan non formal yang ada diindonesia sejak sebelum kemerdekaan yakni pesantren. Terdapat dua tipe pondok pesantren diindonesia yaitu pondok pesantren modern dan salaf dimana setiap tipe memiliki karakteristik yang berbeda terhadap minat berlajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siswa yang tinggal dipondok pesantren atau pulang kermuah terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif, objek penilitian yaitu siswa kelas viii di SMP BUSTANUL MAKMUR genteng banyuwangi. Dihasilkan bahwa variabel bebas (siswa tinggal di pondok atau pulang ke rumah) berpengaruh signifikan sebesar 0, 048 terhadap (variabel terikat) minat belajar siswa pada materi IPA. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu adanya perlakukan lebih terhadap siswa yang tinggal dipondok pesantren sehingga minat belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...