Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 3 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-2 Di MAS Darul Funun El - Abbasiyah Padang Japang

Yodhi Edya Pratama (Universitas Riau)
Bedriati Ibrahim (Universitas Riau)
Asril Asril (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X-2 MAS Darul Funun El-Abbasiyah pada mata pelajaran sejarah masih dilakukan dengan cara konvensional, dalam proses pembelajaran guru hanya menukar pengetahuan dan memberi informasi secara lisan dimana pada saat proses pembelajaran yang aktif hanyalah guru, sedangkan peserta didik hanya pasif mencatat dan mendengarkan sehingga aktivitas peserta didik kurang terlihat sehingga cara ini dirasa kurang menarik perhatian peserta didik dan menimbulkan rasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar pada pelajaran sejarah di kelas X-2 MAS Darul Funun El-Abbasiyah Padang Japang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu, suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan cara mengamati dan melakukan tindakan-tindakan terencana kemudian direfleksi untuk mengetahui pengaruhnya guna perbaikan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada observasi siklus I skor aktivitas peserta didik adalah 49,3 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 62,2. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan skor aktivitas peserta didik dari siklus I dan siklus II sebesar 12,9. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai yaitu 66,6% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dengan kriteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar pada post test siklus I rata-rata ketuntasan yang diperoleh yaitu 35% sebanyak 7 peserta didik yang melebihi KKM yang telah ditentukan, pada siklus II rata-rata ketuntasan post test adalah 85% sebanyak 17 peserta didik yang mencapai KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan presentase dari siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 50%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...