Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Upaya Mengurangi Perilaku Agresif melalui Konseling Kelompok Naratif bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan

Aditya Widyantoro (Universitas Ahmad Dahlan)
Dody Hartanto (Universitas Ahmad Dahlan)
Mufied Fauziah (Universitas Ahmad Dahlan)
Kuswandari Kuswandari (SMP Negeri 1 Nglipar, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti upaya mengurangi perilaku agresif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan melalui konseling kelompok dengan pendekatan Naratif teknik Eksternalisasi dan Reauthoring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket skala psikologis. Teknik analisis data dalam penelitian yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perilaku agresif siswa menurun setelah layanan konseling kelompok naratif. Terdapat penurunan sebesar 16,53% setelah dilakukan konseling kelompok naratif selama 2 siklus.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...