Cakrawala Indonesia
Vol 7 No 1 (2022): Mei - Oktober

PENGARUH TEKNIK AKROSTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA

Musfirah Musfirah (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
H. Agussalim (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
M. Nurzin R Kasau (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Suhartini Khalik (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Jumiati Lanta (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Saifullah Saifullah (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik akrostik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS 2 MA Al-Urwatul Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 33 siswa yang diperoleh dari kelas X IPS 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (projek menulis puisi) dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis statistic inferensial (Uji-t) dengan rumus t.tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang diajar menulis puisi dengan menerapkan teknik akrostik memperoleh nilai rata-rata 88,176 sedangkan kelompok siswa yang diajar tanpa menerapkan teknik akrostik memperoleh nilai rata-rata 77,062. Setelah dianalisis dengan uji t. test, hasilnya menunjukkan nilai empiris lebih besar dari nilai tabel yaitu 4,084 lebih besar daripada 2,039 pada taraf signifikansi 5% dan 4,084 lebih besar daripada 2,744 pada taraf signifikansi 1% dengan db 31. Hal tersebut menandakan bahwa penggunaan teknik akrostik berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IPS 2 MA AL-Urwatul Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...