Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

Analisis Respon Mahasiswa terhadap Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19

Suyud Abadi (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Sulton Nawawi (Universitas Muhammadiyah Palembang)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang telah memberlakukan pembelajaran daring sebagai upaya memastikan perkuliahan tetap berjalan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan kendala pembelajaran biologi di masa pandemi COVID-19 berdasarkan respon mahasiswa. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Pengambilan data dilakukan dengan membagikan Google form yang berisi 11 item pernyataan kepada mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses perkuliahan daring di Program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang berjalan cukup baik, pelaksanaan perkuliahan daring di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammdiyah Palembang telah sesuai dengan Jadwal (93.22%). Pemahaman materi selama perkualiahan daring cukup dapat dipahami oleh mahasiswa (47.46%). Semangat atau antusiasme mahasiswa mengikuti perkuliahan daring cukup baik (49.15%), dimana telah terbangun komunikasi antara dosen dengan mahasiswa dengan baik (66.1%). Diketahui bahwa media perkuliahan online yang digunakan yang banyak digunakan mahasiswa adalah WhatsApp (84.75%) yang kebanyakan mahasiswa menggunakan alat elektronik berupa Handphone (HP; 86.44%). Dengan demikian diharapkan agar mahasiswa akan terbiasa mengikuti perkuliahan daring selama masa pandemik dengan metode perkuliahan yaitu dengan melakukan diskusi online. Kebanyakan mahasiswa koneksi internet yang digunakan adalah data (94.92%), yang selain adanya kendala jaringan internet lemah, mahasiswa juga lebih menyukai sistem perkuliahan tatap muka langsung. Beberapa kendala diantaranya banyak menghabiskan kuota serta jaringan internet lemah. Proses perkuliahan daring masih harus terus dioptimalkan dan terus dilakukan evaluasi sebagai perbaikan perkuliahan daring pada semester-semester selanjutnya. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...