Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak
Vol 4, No 1 (2022): Juni

Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak

Reza Pahlevi (IKIP SIliwangi)
Prio Utomo (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
M. Rezza Septian (IKIP SIliwangi)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Salah satu aspek penyebab terjadinya masalah krisis karakter anak dikarenakan orang tua tidak mampu mendidik anaknya dengan baik, akibatnya memunculkan penyimpangan perilaku pada anak. Tujuan penelitian ini untuk merepresentasikan peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus, metode studi kasus digunakan peneliti untuk mengungkap kondisi faktual perihal tentang peran orang tua dalam mendidik anaknya. Lokasi penelitian bertempat di Desa kandang Mas, Kota Bengkulu. Subjek penelitian berjumlah tiga keluarga. Hasil penelitian menunjukkan empat temuan penelitian. Pertama, dalam upaya menumbuhkan karakter anak, pola asuh demokratis dapat digunakan orang tua sebagai alat dalam mendidik anak. Kedua, upaya menumbuhkan karakter anak, langkah yang harus dilakukan orang tua adalah menciptakan keluaga yang berkarakter. Ketiga, nilai-nilai karakter yang ditanamkan orang tua pada anaknya meliputi jujur, peduli/empati, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, adil, sabar, religius, toleransi, kepemimpinan. Keempat, strategi yang dilakukan orang dalam upaya mengatasi masalah karakter anak dapat menggunakan metode pengawasan, aturan dan hukuman. Kontribusi hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pengayaan baik itu dalam tinjauan teoretik maupun praktik perihal kajian tentang peran orang tua dalam membentuk karakter pada anaknya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hawa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Hawa is a scientific journal within the scope of gender and child studies with various applications of approaches, namely: psychology, education, law, sociology, literature, anthropology, and Islamic studies. It is a half-yearly published, exactly every June and December by Gender and Child Studies ...