Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 2 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Pengaruh Pelayanan Keluhan Pelanggan Indihome Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Telkom Akses Bandung Barat

Megarani Putri Santoso (Politeknik Piksi Ganesha)
Shafina Amalia Az'Zahra (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)
Widwi Handari Adji (Politeknik Piksi Ganesha Bandung)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan keluhan pelanggan indihome terhadap loyalitas pelanggan pada PT Telkom Akses Bandung Barat, metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 100 responden, metode yang dipakai menggunakan angket, analisis yang di pakai yaitu uji validitas, uji reliabilitas, persamaan regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hiipotesis, hasil penelitian menggunakan koefisien korelasi 0,667 menampilkan bahwa hubungan pengaruh pelayanan keluhan pelanggan indihome terhadap loyalitas pelanggan memiliki dampak yang signifikan dengan koefisien Determinasi 44,4%. Adapun kebaruan pada penelitian ini, selain kualitas layanan yang didapatkannya juga terdapat pengaruh positif atas pemanfaatan teknologi informasi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Tentunya hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi PT.Telkom Akses Bandung Barat untuk lebih memanfaatkannya guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kata Kunci : Pelayanan Keluhan , Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...