Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk berupa media Power Point Visual Basic Application (PPT VBA) berbasis model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi usaha dan energi yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk mengukur motivasi dan penguasaan konsep peserta didik di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) bermodel ADDIE yaitu Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data didapatkan dari hasil pengisian lembar validasi oleh 6 validator, yaitu 3 validator ahli dan 3 validator praktisi dengan penggunaan skala likert. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik. Kefektifan diperoleh dari angket motivasi belajar dan tes peguasaan konsep. Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validitas oleh validator ahli dan praktisi yaitu berturut-turut sebesar 84% dan 89% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon peserta didik dengan rata-rata nilai sebesar 99,45% dengan kategori sangat praktis dan mendapatkan respon positif. Kefektifan diperoleh dari hasil angket motivasi setelah pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 71,09% dengan kategori tinggi dan hasil tes penguasaan konsep yang dihitung menggunakan N-Gain mendapatkan nilai rata-rata sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media PPT Visual Basic Application berbasis model kooperatif tipe NHT valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep peserta didik pada materi usaha dan energi dalam pembelajaran disekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022