Instruktur: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 1 No. 2 (2022): INSTRUKTUR

KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AMANATUL MUSLIMIN JAKARTA

Ria Rizki Agustini (Unknown)
Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Kecerdasan adalah suatu kemampuan. Pada dasarnya setiap siswa tentu memiliki kecerdasan dengan tingkat yang berbeda. Proses pembelajaran akan berdampak positif apabila siswa dapat mengontrol emosinya. Artikel ini berusaha untuk memahami, sejauh mana kecerdasan emosional memiliki hubungan terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di MI Amanatul Muslimin Jakarta. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Amanatul Muslimin Jakarta. Sampel diambil secara keseluruhan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian diberikan instrumen angket untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan instrumen tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Hasil analisis data pada taraf signifikansi  pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelasional Product Moment diperoleh thitung = 4,67 dan ttabel = 1,69 serta nilai koefisien sebesar 43% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Amanatul Muslimin Jakarta

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

instruktur

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (November dan Mei), adalah jurnal yang mengkhususkan diri dalam Studi pendidikan dasar. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Redaksi menyambut para sarjana, ...