RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

TANGGAPAN GURU TERHADAP PERANNYA DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SDIT AL-QOLAM KECAMATAN MARAWOLA KABUPATEN SIGI

Eka Firmansyah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Romelah Romelah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Guru adalah sosok yang sangat berarti didalam lingkup kehidupan manusia. Sebagai seseorang yang dikaruniai ilmu oleh Allah SWT yang mana ilmu tersebut digunakan untuk memperoleh dan menuju kebaikan baik dunia dan akhirat. Artikel ini membahas tentang bagaimana tanggapan guru terhadap perannya dalam melaksanakan pembelajaran. Yang darinya kami menemukan bahwa para guru sepakat bahwasanya setiap guru harus maksimal dalam memenuhi perannya tersebut, sehingga bisa menghasilkan hasil belajar yang maksimal pula. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma naturalistik, dan juga jenis penelitian kualitatif, dan dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SDIT Al-Qalam Kelurahan Tinggede, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Yang sebagai mana hasil penelitian kami bahwa memang dengan guru-guru yang telah menyadari peran pentingnya disekolah tersebut, sehingga saat ini pengetahuan atau wawasan para siswa SDIT Al-Qalam terus dibanding dengan siswa di sekolah-sekolah lain. Hal ini bisa diketahui dari berbagai prestasi yang mereka dapatkan keilmuan seperti cerdas cermat, dll. Dan juga saat ini SDIT Al-Qalam berhasil menjadi sekolah incaran orang tua siswa karena mereka meliha lulusan-lulusan yang dihasilkan oleh SD tersebut

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...